Thursday, August 21, 2008

Ikan Kembung Rebus

Yang pernah atau biasa tinggal di Medan pasti kenal banget dengan makanan ini. Disebut namanya seperti itu karena biasanya di Medan memang menggunakan ikan kembung. Cara masaknya biasa ikan2 kembung ini (tanpa dibersihkan isi perutnya) dimasukkan dalam jaring dan direndam ke dalam panci besar berisi air asin mendidih. Nah..di rumah kita cuma tinggal bilas dengan air bersih trus..digoreng aja. Ga perlu terlalu lama ngegorengnya karena khan udah matang.

Nah..semenjak di Jakarta, nyokap gue suka buat sendiri. Yah..dikukus aja dalam dandang, Caranya, ikan kembung dibersihkan (kalo di rumah bagusan dibersihkan, yah.. Khan konsumsi sendiri) trus..dtaburi garam (banyak2 aja karena entar dikukus akan meleleh juga), kasih air perasan jeruk nipis, trus..bungkus dengan daun pisang, then kukus, deh.. Entar bisa disimpan dalam freezer dan dikeluari seperlunya dan digoreng. Gue biasanya (waktu di Batam) suka buat sekaligus 2-3 kg.Anak gue, Ariel, suka banget dengan ikan ini. Kalo ada yang dari Medan dan bawain ikan ini, sekali makan bisa abis 2 ekor, loh..

Nah..fortunately gue nemu ikan kayak ini di sini. Percaya, ga?? Di sini disebut steamed/cook fish. Ada yang buatan Thailand, India, China dan Vietnam. Tapi yang paling enak adalah yang buatan Vietnam. Yang lain2nya kadang agak amis dan ada juga yang rasa garamnya kurang pas. Ini menurut gue, loh.. Yang buatan Vietnam pake mackerel fish. Biasanya gue selalu beli di asian market Vietnam di dekat rumah gue. Tapi ternyata hari ini gue nemu ikan ini di Thuan Phat. Gue udah beli 6 bungkus yang perbungkus-nya isi 2 ikan. Biasanya di jual sekitar AU $ 2.90 - 3.00/bungkus.

Cobain, deh.. Buat sore ini gue bakal masak 4 ekor. Hehe..soalnya Ariel dan suami gue aja so pasti ambil at least 1 ekor each.

No comments: